Kamis, 15 Oktober 2015

Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar dan 8355 di SDN Serdang 13 Pagi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia


Kedatangan Pertama


Kelas   :  LK51
Dosen :  Lelo Yosep D3585
Waktu : Kamis, 15 Oktober 2015
              Pukul  : 13.00 – 14.00
Lokasi : SDN Serdang 13 Pagi


Tim yang hadir :

  • Anggi Sania
  • Anis Ferisa
  • Atikah Hana Kamila
  • Defreia Miriam Destianti
  • Finna Ulia Ulfah

Tim yang tidak hadir :

-

Plank SDN Serdang 13 Pagi

Gerbang Sekolah SDN Serdang 13 Pagi


Latar Belakang
Kami menyelesaikan tugas ini sesuai dengan mata kuliah Character Building yang mengajarkan untuk bersikap professional di lapangan.Profesionalisme adalah sebuah upaya untuk memenuhi tugas yang kita miliki tanpa merugikan pihak lain. dalam mengerjakan tugas ini kami berlandaskan teori etika berdasarkan kewajiban. Teori ini menjelaskan bahwa perilaku seseorang dianggap benar jika ia telah memenuhi kewajibannya.Dalam tugas ini, kami membagikan tugas kepada setiap anggota kelompok kami, dan masing-masing berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugasnya.
 

Persiapan
   Sebelum melakukan kunjungan pertama ke SDN Serdang 13 Pagi yang di lakukan pada hari Kamis, 15 Oktober 2015, kami melakukan persiapan-persiapan terlebih dahulu, yaitu mendaftarkan kelompok kami dengan ketentuan yang berlaku.Setelah TFI menginformasikan sekolah mana yang harus kami kunjungi, Kami mengurus berkas-berkas yang di perlukan melalui website Teach For Indonesia, dan juga mengunjungi kantor TFI yang terletak di Basement Kampus Anggrek Bina Nusantara.Setelah melengkapi berkas-berkas tersebut, kami kemudian mencari tahu lokasi SDN Serdang 13 Pagi tersebut.Kemudian kami meng-koordinasikan tanggal untuk melakukan kunjungan ke Sekolah tersebut.Sesuai dengan keputusan bersama, maka kami pun sepakat untuk melakukan kunjungan pertama pada hari Kamis tanggal 15 Oktober 2015 ke SDN Serdang 13 Pagi.


Metode
Metode yang kami terapkan pada pertemuan pertama adalah metode wawancara terhadap Kepala Sekolah SDN Serdang 13 Pagi.Dalam wawancara ini, kami berusaha mendapatkan informasi serta mem-verifikasi tentang data 8355 yang dimiliki sekolah dengan data dari dinas pendidikan. Selain itu dalam pertemuan ini kami  juga mengkoordinasikan waktu yang tepat untuk melakukan kunjungan berikutnya.Hal positif dari metode ini adalah kami belajar untuk bernegosiasi dengan orang yang berjabatan tinggi sehingga kami lebih memerhatikan Bagaimana pemilihan kata yang kami gunakan, dan bagaimana perilaku non verbal kami terhadap Kepala Sekolah. Hal negatif dari metode ini adalah kami harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk ke Sekolah tersebut karena kami berupaya untuk melakukan pertemuan secara langsung.


Hasil Survey

  • Survey Eksternal : Secara keseluruhan, respon yang diberikan sudah cukup baik, namun pada pertama kali kami meminta data 8355 kepada pihak sekolah, kami tidak di berikan data yang sesuai, ternyata data yang di berikan adalah data yang lama, di karenakan staff Tata Usaha yang bertanggung jawab memegang data sedang tidak ada di tempat.
  • Survey Internal : Yang bisa kita jadikan contoh pada pertemuan pertama adalah Anis Ferisa, karena Anis selalu datang tepat waktu, dan selalu memberikan inisiatif dan ide-ide yang membuat pekerjaan kami lebih efektif.

Form Evaluasi
Form Eval Hari Pertama
Form Eval Hari Pertama

Kesimpulan
Setelah kami melakukan kunjungan pertama ke SDN Serdang 13 tersebut, kami langsung melakukan validasi terhadap data- data yang di miliki oleh Sekolah dan yang di miliki oleh Dinas Pendidikan mengenai siswa penerima Kartu Jakarta Pintar dan data 8355. Pada saat melakukan verifikasi data 8355 kami tidak mendapat data yang kami butuhkan sehingga kami perlu mengulang verifikasi 8355 di kedatangan kedua. Setelah itu kami kemudian membuat janji untuk melakukan pertemuan berikutnya dengan kepala sekolah yaitu pada tanggal 19 Oktober 2015



Tidak ada komentar:

Posting Komentar