Pendataan dan
Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar dan 8355 di SDN Serdang 13 Pagi dalam Penerapan
Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia
Kedatangan Pertama
Kelas : LK51
Dosen
: Lelo Yosep D3585
Waktu
: Kamis, 15 Oktober 2015
Pukul : 13.00 – 14.00
Lokasi
: SDN Serdang 13 Pagi
Tim
yang hadir :
- Anggi Sania
- Anis Ferisa
- Atikah Hana Kamila
- Defreia Miriam Destianti
- Finna Ulia Ulfah
Tim yang
tidak hadir :
-
Plank SDN Serdang 13 Pagi |
Gerbang Sekolah SDN Serdang 13 Pagi |
Latar Belakang
Kami
menyelesaikan tugas ini sesuai dengan mata kuliah Character Building yang
mengajarkan untuk bersikap professional di lapangan.Profesionalisme adalah
sebuah upaya untuk memenuhi tugas yang kita miliki tanpa merugikan pihak lain.
dalam mengerjakan tugas ini kami berlandaskan teori etika berdasarkan
kewajiban. Teori ini menjelaskan bahwa perilaku seseorang dianggap benar jika
ia telah memenuhi kewajibannya.Dalam tugas ini, kami membagikan tugas kepada
setiap anggota kelompok kami, dan masing-masing berusaha sebaik mungkin untuk
menyelesaikan tugasnya.
Persiapan
Sebelum melakukan kunjungan pertama ke SDN
Serdang 13 Pagi yang di lakukan pada hari Kamis, 15 Oktober 2015, kami
melakukan persiapan-persiapan terlebih dahulu, yaitu mendaftarkan kelompok kami
dengan ketentuan yang berlaku.Setelah TFI menginformasikan sekolah mana yang
harus kami kunjungi, Kami mengurus berkas-berkas yang di perlukan melalui
website Teach For Indonesia, dan juga mengunjungi kantor TFI yang terletak di
Basement Kampus Anggrek Bina Nusantara.Setelah melengkapi berkas-berkas
tersebut, kami kemudian mencari tahu lokasi SDN Serdang 13 Pagi
tersebut.Kemudian kami meng-koordinasikan tanggal untuk melakukan kunjungan ke
Sekolah tersebut.Sesuai dengan keputusan bersama, maka kami pun sepakat untuk
melakukan kunjungan pertama pada hari Kamis tanggal 15 Oktober 2015 ke SDN
Serdang 13 Pagi.
Metode
Metode yang kami terapkan pada pertemuan pertama adalah metode wawancara terhadap Kepala Sekolah SDN Serdang 13 Pagi.Dalam wawancara ini, kami berusaha mendapatkan informasi serta mem-verifikasi tentang data 8355 yang dimiliki sekolah dengan data dari dinas pendidikan. Selain itu dalam pertemuan ini kami juga mengkoordinasikan waktu yang tepat untuk melakukan kunjungan berikutnya.Hal positif dari metode ini adalah kami belajar untuk bernegosiasi dengan orang yang berjabatan tinggi sehingga kami lebih memerhatikan Bagaimana pemilihan kata yang kami gunakan, dan bagaimana perilaku non verbal kami terhadap Kepala Sekolah. Hal negatif dari metode ini adalah kami harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk ke Sekolah tersebut karena kami berupaya untuk melakukan pertemuan secara langsung.
Hasil Survey
- Survey Eksternal : Secara keseluruhan, respon yang diberikan sudah cukup baik, namun pada pertama kali kami meminta data 8355 kepada pihak sekolah, kami tidak di berikan data yang sesuai, ternyata data yang di berikan adalah data yang lama, di karenakan staff Tata Usaha yang bertanggung jawab memegang data sedang tidak ada di tempat.
- Survey Internal : Yang bisa kita jadikan contoh pada pertemuan pertama adalah Anis Ferisa, karena Anis selalu datang tepat waktu, dan selalu memberikan inisiatif dan ide-ide yang membuat pekerjaan kami lebih efektif.
Form Evaluasi
Kesimpulan
Setelah
kami melakukan kunjungan pertama ke SDN Serdang 13 tersebut, kami langsung
melakukan validasi terhadap data- data yang di miliki oleh Sekolah dan yang di
miliki oleh Dinas Pendidikan mengenai siswa penerima Kartu Jakarta
Pintar dan data 8355. Pada saat melakukan verifikasi data 8355 kami tidak mendapat data yang kami butuhkan sehingga kami perlu mengulang verifikasi 8355 di kedatangan kedua. Setelah itu kami kemudian membuat janji untuk melakukan pertemuan
berikutnya dengan kepala sekolah yaitu pada tanggal 19 Oktober 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar