Rabu, 21 Oktober 2015

Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar dan 8355 di SDN Grogol Selatan 10 Pagi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia


Kedatangan Pertama


Kelas   :  LK51
Dosen :  Lelo Yosep D3585
Waktu : Kamis, 21 Oktober 2015
              Pukul  : 13.00 – 14.00
Lokasi : SDN Grogol Selatan 10 Pagi


Tim yang hadir :
  •  Anggi Sania
  • Anis Ferisa
  • Atikah Hana Kamila
  • Defreia Miriam Destianti
  • Finna Ulia Ulfah

Tim yang tidak hadir :
-

Plank SDN Grogol Selatan 10 Pagi
Kiri ke Kanan: Finna Ulia, Defreia Miriam, Ibu Kepala Sekolah, Anis Ferisa, Atikah Hana, Anggi Sania



Landasan Teori 
Kami menyelesaikan tugas ini sesuai dengan mata kuliah Character Building yang mengajarkan untuk bersikap professional di lapangan. Profesionalisme adalah sebuah upaya untuk memenuhi tugas yang kita miliki tanpa merugikan pihak lain. dalam mengerjakan tugas ini kami berlandaskan teori etika berdasarkan kewajiban. Teori ini menjelaskan bahwa perilaku seseorang dianggap benar jika ia telah memenuhi kewajibannya. Dalam tugas ini, kami membagikan tugas kepada setiap anggota kelompok kami, dan masing-masing berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugasnya. Selain itu kami juga menggunakan teori utilitarianisme, yang artinya “the greatest happiness for the greatest number”


Persiapan
Sebelum pergi mengunjungi Lokasi SDN Grogol Selatan 10 Pagi, kami satu kelompok saling mengkoordinasi dan berdiskusi untuk menentukan waktu yang tepat agar tiap anggota kelompok dapat semua hadir untuk berpartisipasi. Setelah mendapatkan waktu yang tepat, kami membagi jobdesc kepada masing-masing anggota. Kegiatan dimulai dengan berkumpul di BINUS University untuk berangkat bersama, dan sebelum berangkat kami memastikan agar semua data yang diperlukan tidak tertinggal. Sesuai dengan keputusan bersama, maka kami pun sepakat untuk melakukan kunjungan pertama pada hari Kamis tanggal 21 Oktober 2015 ke SDN Grogol Selatan 10 Pagi.


Metode
Metode yang kami gunakan pada kegiatan ini adalah metode yang sama seperti yang kami terapkan pada sekolah sebelumnya, yaitu metode wawancara terhadap Kepala Sekolah dan Kepala Tata Usaha SDN Grogol Selatan 10 Pagi. Dalam wawancara ini, kami berusaha mendapatkan informasi serta memverifikasi data 8355 yang dimiliki oleh sekolah dengan data dari dinas pendidikan. Selain itu dalam pertemuan ini kami  juga mengkoordinasikan waktu yang tepat untuk melakukan kunjungan selanjutnya.
  Hal positif yang kami dapatkan dari metode ini adalah:
-          Belajar bernegoisasi
-          Memahami komunikasi seperti apa yang pantas untuk dilakukan.
Kami merasa tidak ada Hal Negatif yang didapatkan dengan metode ini.



Hasil Survey
  • Survey Eksternal : Saat dalam proses pengunjungan ke sekolah, kedatangan kami disambut baik oleh Kepala Sekolah dan Staff guru, Kepala Sekolah nya sangat ramah sehingga proses meminta izin lebih mudah didapatkan. Selain itu Kepala Sekolah juga langsung meminta staff tata usaha sekolah untuk membantu kami dalam menyocokkan data 8355 dan lain – lain. Staff tata usaha pun juga cekatan dan mengerti baik tentang kartu jaminan pintar sehingga sangat  membantu kami.
  • Survey Internal : Dari kegiatan yang kami lakukan, yang bisa kita jadikan contoh pada pertemuan pertama adalah Finna Ulia Ulfah, karena Finna sangat disiplin, juga sebagai ketua, ia menjadi juru bicara yang mempunyai tutur kata yang baik & benar. Finna juga memberikan inisiatif dan ide-ide yang membuat pekerjaan kami lebih efektif. Juga menjadi navigator yang baik agar kami tidak tersesat saat berangkat menuju SDN Grogol Selatan 10 Pagi yang berada di Jalan Panjang Cidodol.

Form Evaluasi 
Form Evaluasi Hari Pertama

Form Evaluasi Hari Pertama


Kesimpulan
Kunjungan pertama yang kami lakukan di SDN Grogol Selatan 10 Pagi pada tanggal 21 Oktober 2015, kami melakukan validasi terhadap data-data yang dimiliki oleh sekolah dan yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan mengenai siswa penerima Kartu Jakarta Pintar dan memverifikasi data 8355 yang dimiliki sekolah, hasilnya tidak ada yang berbeda. Setelah itu kami membuat janji untuk melakukan pertemuan berikutnya dengan Kepala Sekolah untuk mewawancara anak-anak murid yaiu pada tanggal 2 November 2015. Karena kami pada kedatangan pertama datang pada jam 1, Kepala Sekolah meminta kami untuk datang pada pertemuan kedua lebih pagi, dikarenakan sekolah merupakan sekolah pagi dan kami diperintahkan untuk wawancara di waktu istirahat agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar


Anggi Sania Melakukan Validasi Pendidikan kepada Ibu Kepala Sekolah SDN Grogol Selatan 10 Pagi

Dari Kanan ke Kiri: Finna, Defreia, Atikah, dan Anis sedang melakukan Verifikasi Data 8355

Tidak ada komentar:

Posting Komentar